BER'QR'EASI

Semua Bisa Kreatif Dengan QR Code

frasa_supriyanto_berqreasi_2buku

Sebagian besar dari kita mungkin masih berpikir gambar hitam putih pada sampul buku ini adalah “barcode”, meskipun sebenarnya itu adalah “QR Code”.

Wajar sih, barcode memang lebih dahulu digunakan dan sering kita lihat pada kemasan produk, dibandingkan dengan QR Code yang baru populer seiring perkembangan media sosial dan pembayaran digital melalui aplikasi ponsel pintar.

Tapi, tahukah Anda bahwa QR Code kini bisa kita manfaatkan untuk media komunikasi yang menghubungkan keseharian dengan dunia digital?

Bermodal sebuah gawai, kita dapat membaca sekaligus membuat sendiri QR Code, secara online maupun offline.

Dengan QR Code kita dapat membagikan informasi, menunjukkan alamat, berbagi koneksi WiFi, mempromosikan produk/jasa dan bisnisnya, menambah hingga jejaring pertemanan di media sosial, hingga bertransaksi non-tunai dengan mudah dan aman.

Buku ini membahas semua sisi teknis dan non-teknis dari QR Code. Cocok dibaca oleh siapa saja yang memanfaatkan teknologi digital untuk personal, bisnis maupun layanan publik.

Membahas perkembangan barcode hingga QR Code lengkap dengan spesifikasi dan pelbagai contoh konkret pemanfatan QR Code di seluruh dunia.

Bagaimana membaca QR Code dengan kamera ponsel, QR dari file di HP, serta membuat QR Code menggunakan ponsel dan komputer.

Ada tips khusus QRIS (QR Code Indonesian Standard) untuk bisnis maupun personal, hingga bonus vektor bingkai QR Code yang bisa diunduh gratis!

Penulis

Supriyanto

Kadang dipanggil “soep”. Penulis tinggal di Purwokerto, Jawa Tengah, berkerja sebagai desainer grafis dan web. Pada tahun 2012, tergabung dengan Relawan TIK Indonesia, aktif mendukung literasi digital bagi masyarakat Desa, UMKM dan pendidikan.

Mulai memanfaatkan QR Code untuk museum desa pada tahun 2013, seiring dengan kampanye domain “desa.id”, lalu  menginisiasi gerakan transparansi desa dengan media infografik APBDesa sejak 2016 dimana QR Code digunakan untuk menjembatani dokumen daring dengan pembaca infografik. Pada 2019, mendukung pemanfaatan QR Code untuk infrastruktur Desa. Tahun 2020, memanfaatkan QR Code pada surat BLT Dana Desa.

frasa_supriyanto_berqreasi_2buku

Rp 68.000

Jumlah Halaman : 212 hlm.
Ukuran : 14×20 cm
Kertas : Bookpaper
Sampul : Softcover
ISBN : 978-623-94582-7-0

WeCreativez WhatsApp Support
untuk pemesanan buku
👋 chat via WhatsApp