Guru, Teknologi dan Pendidikan

gtp2

Pandemi Covid-19 menjadi momentum pesatnya perkembangan teknologi di sektor pendidikan. Keterbatasan dalam proses belajar mengajar justru memacu kreativitas dan inovasi penggunaan teknologi di wilayahnya. Setiap orang yang memiliki peran dalam pendidikan mau tidak mau harus beradaptasi mengarungi arus perkembangan zaman yang semakin deras berkembang. Pendidikan tengah berlayar di tengah deras arus itu dengan sebuah kompas bernama teknologi. Tentu, dengan dinamika dunia yang tidak pernah berhenti ini, ada banyak garis-garis cerita dalam catatan sejarah dunia pendidikan ini.

Guru, Teknologi, dan Pendidikan merupakan buku yang merekam sudut pandang para pendidik menghadapi dan menjalani fenomena derasnya arus perkembangan teknologi. Kumpulan esai ini menjadi pintu meluapnya berbagai persepsi bagaimana teknologi berdiri sebagai tokoh yang tidak tertebak perannya. Dengan berbagai dilema, teknologi menjadi kebutuhan yang penuh tantangan. Para penulis banyak menyinggung bagaimana teknologi hadir di tengah guru dan siswa. Dengan cara sikap yang beragam, buku ini memberikan notifikasi dan penyegaran kembali terhadap persoalan-persoalan seputar guru, teknologi, dan pendidikan.

Menambah informasi peran guru dan teknologi dalam pendidikan

Aktualisasi metode dan inovasi teknologi dalam pembelajaran

Pengalaman guru mengembangkan pembelajaran selama pandemi

Tim Penulis

Yuniar Susanti lahir di Bandung pada tanggal 29 Juni 1987. Sejak kecil sudah memiliki hobi membaca dan menulis “diary”. Beranjak remaja hobinya masih konsisten yaitu membaca dan menulis artikel. Guru bahasa Indonesia di SMA Pribadi Bandung akhirnya mengantarkannya menjadi profesi yang digeluti dan dicintainya hingga sekarang. Sebuah kebahagiaan ketika hobi menbaca dan menulis dapat ditularkan pada siswanya di sekolah. Pernah dijuluki sebagai guru tersemangat dan terfavorit ini, selalu ingin mengembangkan diri karena baginya belajar itu sepanjang hayat.

Eko Riyanti lahir di Bandung 17 November 1980. Sejak kecil bercita-cita menjadi guru, beranjak remaja cita-citanya bertambah menjadi seorang penulis. Sekarang mengajar di Pesantren Persis 31 Banjaran. Naskah-naskah fiksinya pernah numpang di harian Pikiran Rakyat dan Republika. Antologi pertamanya bersama Pemudi Persis bersastra “Ada Apa Dengan Pelangi” terbit tahun 2018, puisi-puisi lainnya juga pernah diterbitkan dalam beberapa antologi ” A Voice Flute” (2019), “Terbang Dalam Dien Assalaam”(2019), “Pintu”(2019) “Aksara” (2021). Adapun cerpen Dan pengalaman hidupnya ia tuangkan dalam antologi ” Penjaga Rahasia” (2018), “Dari Hati ke Hati” (2019), ” our Life Story” 2019, “Kisah Pilu di Balik Loreng Topeng” (2019), mendapat penghargaan sebagai naskah terbaik dalam antologi “Guruku Inspirasiku” (2020), Dan satu buku solo, kumpulan puisinya yabg berjudul “Senja, negeri dan Jiwa-jiwa Terkasih” (2019).
Karnita namanya yang singkat itu dilahirkan di Bandung pada tanggal 19 Maret 1995. Seorang ibu dengan anak 1 ini memiliki aktifitas sehari-harinya adalah sebagai pekerja sosial Masyarakat yang beruang lingkup di Desa dan Kecamatan. Selain itu juga kegiatannya adalah sebagai Mahasiswa semester 2 Kelas Sore pada Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) di Universitas Bale Bandung Kabupaten Bandung. Pernah mengikuti pelatihan dan seminar tentang karya tulis pada tahun 2011 pernah menjadi salah satu peserta di antara 3 peserta terbaik dan teraktif pada saat mengikuti creative writing bersama PT. POS INDONESIA.
Bayu Indriyanto biasa dipanggil Bayu atau biasa berselancar dengan nama pena Biorhimitzu. Dilahirkan 29 tahun lalu tepatnya tanggal 16 Agustus 1990 di Jakarta. Pendidikan terakhir S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Saat ini menjadi ASN sebagai pendidik di SMP Negeri 37 Jakarta. Saat ini tinggal di Jl. Melati I No.36, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Dapat dihubungi melalui posel: bayu_indriyanto@yahoo.com, 083871540747 (WA) dan @biorhimitzu (instagram). Menulis bukan hobinya, tapi sadar bahwa menua tanpa karya adalah sebuah kesia-siaan, penulis mulai membuahkan sedikit yang ia bisa dan yang ia tahu.
Kurniawan lahir di Cianjur, 15 Agustus 1989. Saat ini bertugas menjadi ASN di SMP Negeri 14 Solok Selatan, Sumatra Barat. Aktif berliterasi dengan mendirikan komunitas taman baca seperti @tbm_rumahnagari dan founder Rumah Nagari Edu Global @rumahnagari yang konsen dibidang literasi digital dan teknologi pendidikan. Pada tahun 2019 sebagai Ketua Asosiasi Guru Bahasa dan Sastra Indonesia (AGBSI) DPW Sumatra Barat dan Guru Inti Kabupaten Solok Selatan. Aktif dalam pengembangan transformasi pendidikan dengan tergabung dalam komunitas Google Certified Educator dan Kandidat Google Certified Trainer 2021. Kegemaran menulis dituangkan dengan aktif menulis Jurnal Pendidikan dan Menulis Puisi bersama guru-guru Sumbar pada tahun 2020 dengan judul Mengumpul Asa.
Mafudz Rois lahir di Demak tanggal 29 November 1985. Pekerjaannya saat ini adalah guru Matematika di Pribadi Bilingual Boarding School Bandung. Ayah tiga anak ini memiliki hobi membaca, menggambar, dan merenung. Aktivitas sebagai guru Matematika secara tidak langsung membentuk kebiasaan untuk merenungkan atau memikirkan berbagai fenomena yang terjadi di sekitarnya. Dari proses membaca dan merenung inilah yang melahirkan begitu banyak pertanyaan dan pemikiran sehingga membuatnya perlu mendokumentasikan hal tersebut dalam bentuk visual atau tulisan. Tulisannya di buku ini merupakan tulisan pertamanya yang dipublikasikan. Demikianlah sekilas tentang penulis. Ia sekarang tinggal di Kompleks Vijayakusuma Blok A16 no.7 Rt.04 Rw.10 Palasari Cibiru Bandung. Penulis bisa dihubungi melalui no. tlp/wa 085742931394, facebook/instagram @mahfudzrois.
Mega Leviana dilahirkan di Bandung pada tanggal 12 Agustus 1990. Pekerjaan saat ini adalah guru matematika di SMA Tunas Unggul. Tinggal di Jl. Kampung Baru no 67 Ujungberung Bandung. Memiliki hobi membaca, menulis dan mengajar. Bacaan favoritnya berkenaan dengan pengembangan diri, matematika dan kurikulum. Salah satu mimpi yang ingin dicapai adalah memberikan inspirasi bagi para pendidik di Indonesia. Jika ada kritik, saran dan masukan bisa dikirimkan melalui email mega.leviana12@gmail.com.
Tuti Kartika, M.Pd. dilahirkan pada tanggal 4 Juli 1979. Profesinya sebagai guru sekolah dasar di SDN 2 Cipanas Kec. Cisarua. Kab. Bandung Barat. Selain tugas utamanya sebagai guru, aktif juga di PGRI Cab. Cisarua dan menjadi Sekbid Pengembangan Karir. Memiliki hobi menulis. Dari hobinya ini telah terbit beberapa karya fiksinya berupa antologi puisi dan juga cerita pendek sederhana, seperti; Antologi Puisi “Cinta tanpa Judul”, “Mari Bercinta Suamiku”, “Mencintaimu”, serta “Perempuan itu adalah Aku!” Berupa kumpulan cerita harian. Saat ini tengah mendalami menulis artikel dan esai. Buku pertamanya berupa kumpulan esai bersama telah terbit berupa Antologi esai “Huruf-huruf menari Memapah Sastra”, “Catatan Pendidikan di Era Pandemi” diterbitkan oleh Frasa Media, selain itu beberapa tulisannya telah dimuat di koran lokal Jabar Ekspres. Penulis merupakan pemilik dari CV. Karya Mutika. Demikianlah sedikit tentang penulis. Kini tinggal di Cimahi.
Fitri Agustina dilahirkan di Bandung 28 Agustus 1977. Pekerjaan saat ini adalah ASN guru SMPN 43 Bandung yang berada di pusat kota Bandung. Hobi jalan-jalan dan berkuliner karena kondisi pandemi hobi itu berhenti sekarang mencoba mengikuti webinar, workshop yang berkaitan dengan kegiatan menulis untuk belajar menyukai menulis dan mudahan bisa menjadi jalan untuk meningkatkan keterampilan menulis baik untuk diri sendiri maupun sebagai pembelajaran di sekolah. Artikel pertama diterbitkan oleh Frasa Media yang berjudul “PJJ dan permasalahannya” hasil dari mengikuti Workshop Guru Juga Bisa Nulis.
Yudi Ahmad Fauzi dilahirkan di Garut tanggal 8 Februari 1986. Pekerjaan saat ini adalah Guru SMP. Memiliki hobi menyanyi dan traveling. Menyanyi dan MC hingga saat ini masih dilakukang seperti mengisi di acara wedding dan acara lainnya. Tourguide menjadi salah satu kegiatan saya sembari traveling. Demikian sekilas tentang penulis.
Haryati Sudjono dilahirkan di Bekasi pada tanggal 13 Januari 1968. Pekerjaannya saat ini adalah ASN sebagai pengajar di salah satu SMAN di Bekasi. Ia mengajar bidang studi Bahasa Indonesia sejak tahun 1989 yang pernah mengenyam pendidikan S-1 di IKIP Jakarta. Dengan latar belakang pendidikannya sebagai pengajar Bidang Studi Bahasa Indonesia, membuatnya lebih sering berkecimpung di dunia Puisi dan Prosa. Sebagai seorang guru Bahasa Indonesia ia sering mendampingi dan membimbing anak didiknya mengikuti lomba-lomba puisi atau debat sampai tingkat provinsi. Demikian sekilas singkat tentang penulis. Ia tinggal di Bekasi daerah Insinyur Haji Juanda Bekasi Timur dengan No. Telp 081290665113.
Roi Setiawan, seorang guru di SMP PGII 1 Bandung dan Mahasiswa Pascasarjana di Universitas Pendidikan Indonesia Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Bergiat dan aktif di berbagai komunitas RTIK Kota Bandung, Pintu Bahasa, Rumah BIPA, Main Teater Bandung dan Typo Daily. Selain itu pernah mengikuti berbagai lomba Bandung Award (10 Nominasi Terbaik), Rupa Warna (Juara 2), Kemah Budaya Kaum Muda Nasional (Juara 2), dan lainnya. Saat ini sedang sibuk mengajar dan belajar. Tinggal di Parongpong, Bandung Barat. Bisa dihubungi melalui sosial media @baladasiroi.
gtp1

Tebal: 90 hlm
Ukuran: 14×20 cm
Kertas: Bookpapper
Sampul: Softcover
ISBN: 978-623-95870-7-9

Harga Normal: Rp 65.000
Harga Pre Order: Rp 55.000

Pra-Pesan: 7–15 Juli 2021

WeCreativez WhatsApp Support
untuk pemesanan buku
👋 chat via WhatsApp