Mengeja Bekasi

mengejabekasi2

Salah satu kelompok masyarakat yang berperan sebagai penggerak literasi adalah pegiat taman bacaan masyarakat. Taman bacaan masyarakat kini merupakan jantung pendidikan masyarakat karena berbagai aktivitas pengembangan keterampilan terlaksana, termasuk pembelajaran informal di luar sekolah. Ketika sekolah terbatas dalam pembelajaran virtual dari rumah, taman bacaan masyarakat mengaktivasi dirinya.

Dalam buku ini, para penulis yang terdiri dari aktivis Forum Taman Baca Masyarakat Kabupaten Bekasi mengutarakan pengalaman, suka duka, serta tantangan menjadi pegiat di kelompok taman bacanya masing-masing. Tak hanya itu, adapula gagasan maupun konsep keterampilan hidup hingga cerita kerelawanan diutarakan secara gamblang. Maka, dengan membaca buku ini kita akan mengerti peran pendidikan tidak selesai di sekolah, semua pihak termasuk masyarakat punya andil memajukannya. 

Frasa Media bersama FTBM Kab. Bekasi dengan bangga turut memprakarsai Program Mengeja Bekasi yang perdana ini. Akan terselenggara untuk seri selanjutnya dengan sasaran penulis yang berbeda di Kab. Bekasi.

Mendengar serunya mengembangkan taman baca masyarakat

Praktik literasi di sekolah dan masyarakat tersuguhkan secara konkret

Sumbu pemantik gerakan literasi melalui Program Mengeja Bekasi

Tim Penulis

Pernah bekerja sebagai Redaktur Majalah Ummi dan editor majalah Garuda Indonesia (Inflight) Middle East.Pendiri perpustakaan “Liliana” di Cikarang, Bekasi. Penulis buku “A Table for Is: Collection Essays about Food and Culture. Menulis untuk menyebarkan semangat positif dan pengalaman inspiratif.

Kelahiran Banjar, 16 November 1996. Anak ke 10 dari 12 bersaudara dengan nama ibu dan ayah kandung N.Sukmayati dan Alm.Yoyo Hambali. Nama TBM yang saya kelola TBM Gubug Literasi Setu. Belum memiliki prestasi dalam wujud selembaran kertas. Motivasi saya dalam menulis adalah belajar dan membahagiakan ibu dan saudara-saudara. Setidaknya tulisan yang saya buat bisa menjadi arsip hidup meski kelak telah tiada namun orang lain bisa mengetahui perjalanan hidup saya.

Kegiatan saya sehari-hari sebagai Kepala Sekolah Alam Bundaku, di daerah Tambun, Kabupaten Bekasi. Selain itu saya juga pendiri dan pengelola Taman Bacaan Masyarakat Bundaku, berlokasi di tempat yang sama. Baru bergabung pada awal tahun 2021 dengan Forum TBM Kab Bekasi dan alhmadulilah sudah bisa membuat tulisan mengisi Pojok Baca di salah satu koran Bekasi. Prestasi belum banyak, hanya pernah mengikuti lomba karya tulis guru di tingkat Kecamatan Bekasi Utara dan berhasil menjadi Juara 2. Motivasi menulis untuk menambah wawasan dan pengetahuan, serta membuat buku kenang-kenangan.

Aktif sebagai pendidik di PAUD KB Saung Ceria. Aktif sebagai penggerak literasi di Forum TBM Kab Bekasi. Prestasi terbaik adalah mampu memenuhi undangan PT Sugity dalam menyambut Direktur Utama Astra Pusat (Jepang) dan Ibu Motoko Matsuda (penulis buku anak di Jepang) dengan menampilkan operet yang mengangkat buku karya beliau yang berjudul “MOU Akita nante Iwanae Yo” beraama murid-murid Saung Ceria. Sebuah karya penting untuk ditulis maka dengan itu ingin bisa dibimbing untuk dapat menuli agar bisa memberikan makna kepada pembaca,

Biasa dipanggil Bunda Indi, Istri dari Bapak Fahmi, ibu dari 3 orang anak. Dengan kecintaan yang besar terhadap anak usia dini, Bunda Indi memiliki lembaga Pendidikan Anak Usia Dini TK Al Kautsar 2 Serang Baru-Kabupaten Bekasi. Tamatan S2 Program Studi PAUD di Universitas Negeri Jakarta tahun 2000. Saat ini sebagai Tutor di Universitas Terbuka Jakarta. Instruktur Nasional Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Mentor Diklat Dasar dan Lanjut PP PAUD DIKMAS Jawa Barat. Pernah menjadi Juara 1 Guru dan Kepala Sekolah Berprestasi Tingkat Kabupaten Bekasi. Bidang orgnisasi saat ini menjabat sebagai Ketua IGTKI-PGRI Kec. Serang Baru, serta sebagai Sekretaris Umum Forum Masyarakat Kabupaten Bekasi Sehat.

Sebagai karyawan swasta. Ketua Yayasan Al Ba’lawi II dan Ketua Taman Baca Bintang Raharja. Motivasi menulis agar bisa menambah pengetahuan dan wawasan dan bisa bermanfaat untuk orang lain.

Bekerja di SMAN 1 Cikarang Utara sebagai pustakawan. Bergabung dalam FKPPI (Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI Polri). FKPPI ini mempunyai koperasi dan saya terlibat dalam bidang bagian pengabdian masyarakat salah satunya membuka taman baca masyarakat. Saya sebagai penanggung jawab di TBM KOSADEKSI FKPPI. Pada tahun 2019 saya mengikuti Lomba Pustakawan Berprestasi Tingkat Kabupaten Bekasi. dan mendapat Juara I. Berlanjut ke tingkat provinsi dan berhasil Juara 4. Motivasi menulis agar para pustakawan khususnya di perpustakaan sekolah lebih diperhatikan oleh pemerintah setempat.

Lahir di Tasikmalaya pada 7 Juni 1971. Bekerja sebagai guru dan mengajar di SMPN 1 Setu sejak 2007. Selain. itu mengajar di sebuah Universitas swasta di Kabupaten Bekasi. Tergabung dengan Komunitas Pendidik Penulis Bekasi Raya (KPPBR) sejak 2019. Karya yang dihasilkan berupa 15 buah karya dalam bentuk antologi untuk puisi.dan cerpen.

Profesi sebagai guru bidang studi Pendidikan Agama Islam, penyelenggara TBM Pelangi Mandiri. Tulisannya pernah dimuat di Bekasi Ekspres, Media Bekasi dan beberapa media lainnya. Pernah menulis liputan seputar kegiatan pemberdayaan sosial dan pendidikan. Memberdayakan masyarakat sejak tahun 1999 sampai sekarang melalui beberapa program diantaranya P2KP, BRDP, LP3ES, PNPM-MP, KOTAKU, BSPS, Gandengtangan, Rutilahu, dan YES. Motivasi menulis membuka cakrawala berpikir, berpartisipasi menuangkan ide dan pikiran, sharing pengalaman dan proses trial and error yang memberi banyak pengalaman.

Mempunyai nama pena R. Sae lahir 42 tahun yang lalu. Saat ini bekerja sebagai guru PNS di SDN Sukadanau 05 Kab. Bekasi, Prov. Jawa Barat. Penulis bisa dihubungi di email rohmatspdi4@gmail.com dan nomor Whatsapp 0895-4031-09070.

Seorang ibu rumah tangga, anggota forum TBM Bekasi dan divisi pendidikan di sebuah yayasan yang bergerak dalam bidang pendidikan anak usia dini. Bersama pemerhati pendidikan anak usia dini membuat TBM Rumah Ummah. Motivasi menulis untuk belajar mengenali dan memahami kehidupan.

Lahir di Jakarta pada 3 April 1973, anak ketiga dari 6 bersaudara juga ibu dari 4 orang anak. Berprofesi sebagai Guru PAUD di KB Mutiara Serat Bangsa. Menjadi Pengelola TBM Serat Bangsa sejak tahun 2011. Karya Bersama yang pernah dibukukan diantaranya adalah Antologi Puisi Meronce Seroja dan Supraviroli. Menggapai Asa di TBM Serat Bangsa merupakan tulisan pertama di Koran Radar Bekasi.

Lahir di Bekasi pada 16 Juli 2001. Berprofesi sebagai guru les dan karyawan swasta. Saat ini sedang mengelola TBM RUMPITA bersama teman-teman desa. Karya antologi yang pernah diterbitkan “Kasih Tak Sampai” (puisi) dalam antologi buku Secangkir Kenangan, Duniaku dan Seisinya (cerpen) dalam antologi buku Selepas Kalut, Bertemu dan Berpisah Online (cerpen) dalam antologi buku Cyberspace, Secarik Tapak Jejak dan Kutipan Api Unggun (puisi) dalam antologi LCP Perskom UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Konstanta Purnamaku dalam LCP Konkrit 2020 BEM HIU Universitas Pendidikan Indonesia.

Berprofesi sebagai mahasiswa dan karyawan di perusahaaan swasta yang ada di kawasan MM2100. Bersama rekan – rekan mahasiswa mendirikan taman bacaan masyarkat (TBM) Gubuk Literasi Setu yang berlokasi di Desa Ciledug, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi. Memenangi Lomba Karya Tulis Ilmiah Tinggkat Mahasiswa se-Jabodetabek. Motivasi menulis saya ingin setiap kehidupan selalu ada jejak arsip karena menulis adalah pekerjaan dalam keabadian.

mengejabekasi1

Tebal: 108 hlm
Ukuran: 14×20 cm
Kertas: Bookpapper
Sampul: Softcover
ISBN: 978-623-95870-8-6

Harga Normal: Rp 65.000
Harga Pre Order: Rp 55.000

Pra-Pesan: 10–16 Juli 2021

WeCreativez WhatsApp Support
untuk pemesanan buku
👋 chat via WhatsApp