#SalingbukanSilang

frasa_buku cover mockup

“Kami tahu, kamu sebenarnya nggak suka dengan kegiatan sosial, kepribadian kamu tuh nggak cocok buat hal kaya gitu. Sudahlah, berhenti aja, cari kerjaan yang bener, hidup dengan normal.  Selesaikan revisi skripsi, lalu siapkan riwayat hidup dan dokumen lainnya untuk melamar. Lupakan saja organisasi sosial itu sampai kamu sudah mapan baru kembali lagi.” Kalimat itu menjadi penutup diskusi keluarga yang panjang. Sebelum yang lain membubarkan diri, aku masuk ke kamar, menutup pintu rapat dan merenungi kejadian pagi ini.

Memaknai hidup tentu tak selalu berjalan mudah. Terkadang kita membutuhkan motivasi untuk lahir menjadi diri baru dalam kemasan yang lebih baik. Salah satu cara menemukan motivasi itu adalah dengan membaca kisah orang lain melalui pengalaman mereka yang sudah merasakan bahwa hidup bukan hanya tentang diri sendiri, melainkan juga orang lain. Baca sajalah buku ini, nanti kamu akan menyadari bahwa memaknai hidup, membutuhkan banyak perasaan.

Many people assume success requires a winner-takes-all approach. Kenyataanya, sukses adalah tentang keberlanjutan, konsisten dengan apa yang didamba-damba, dan tentang kepedulian. Kami ada karena rasa bahwa hidup bukan tentang diri sendiri. Ada orang lain. Ada doa dari adik-adik di Panti Asuhan. Ada senyum dari Teman Baik. Ini yang bikin kita ‘kaya’.

Tentang YTSB

Yayasan Teman Saling Berbagi (YTSB) adalah organisasi non-profit yang bergerak di bidang sosial dan pendidikan yang berkomitmen untuk menghadirkan program yangmengarahkan kepada capacity building/self-development untuk individu maupun instansi agar mampu mencapai versi terbaik dirinya. Yayasan Teman Saling Berbagi merupakan transformasi dari Komunitas Teman Berbagi yang terbentuk sejak tahun 2018. Perubahan kelembagaan dari Komunitas menjadi Yayasan berdiri sejak tahun 2020 pada saat pandemi. Diinisiasi oleh Farhanah Fitria Mustari, YTSB memiliki empat nilai organisasi yaitu empati, adaptif, kreatif, dan tanggung jawab. Selain itu, YTSB memiliki pendekatan metode intervensi berupa pelatihan (training), pendampingan (mentoring & coaching), serta kampanye kebaikan (social campaign). Dengan spirit #SalingBukanSilang, YTSB menaungi tiga program utama yang saat ini masih berjalan secara aktif. Pertama, Komunitas Teman Berbagi yang merupakan program sosial berbasis sukarelawan dengan tujuan mengembangkan karakter positif remaja di Panti Asuhan agar mampu hidup bermasyarakat dengan baik melalui kegiatan #BerbagiKebaikan yang berlandaskan Prinsip#SalingBukanSilang. Kedua, SBS Institute yang merupakan platform pendidikan untuk mengasah soft & life skills yang berkomitmen agar setiap individu dan komunitas mampu bertumbuh serta berdaya bersama Prinsip #SalingBukanSilang. Terakhir, Komunitas Teman Baik yang merupakan platform komunitas online (daring) yang berperan sebagairepresentatif kebaikan YTSB dengan menyebarkan pesan kebaikan kepada sesama serta menginisiasi group project berlandaskan Prinsip #SalingBukanSilang. Yayasan Teman Saling Berbagi (YTSB) sangat mendukung semangat kolaborasi dan berbagi dengan saling terhubung melalui media sosial. 

 

Instagram: @ytsb_official
LinkedIn : Yayasan Teman Saling Berbagi

Berisi kumpulan pengalaman bersama yang dirajut dengan hati untuk hati.

Menginspirasi pembaca bahwa hidup bukan perihal diri sendiri, melainkan juga orang lain.

Memotivasi pembaca untuk semangat memberi dan mengasihi.

Memberikan banyak manfaat dan pesan moral.

Dapat digunakan sebagai acuan membuat tulisan hingga bisa dipublikasian di media massa.

Tim Penulis

Founder sekaligus Direktur Utama Yayasan Teman Saling Berbagi yang mencurahkan pikiran dan energi agar kapal pelayaran YTSB senantiasa berjalan ke arah yang tepat. Selain fokus di YTSB, Farhanah merupakan perempuan multiperan dan aktif di forum publik sebagai pendidik, mentor, dan active learner.

Co-Founder sekaligus Program Manager YTSB yang memiliki ketertarikan dengan dunia pendidikan, bahasa, dan desain memiliki semangat optimis agar kapal pelayaran YTSB tidak berjalan sendirian. Saat ini, Silmi sedang menempuh pendidikan Master di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) serta terlibat di forum sosial lainnya.

Mengawali karir bersama YTSB sebagai seorang relawan di Program Berbagi Kebaikan Batch 4, Mustika yang akrab dipanggil Chika terpanggil hatinya untuk menjadi Tim Pelayaran YTSB. Saat ini, Chika menjalani peran sebagai seorang Senior Trainer yang tertarik agar setiap individu dan komunitas mampu menjadi versi terbaik dari dirinya.

Mengawali karir bersama YTSB sebagai seorang relawan di Program Berbagi Kebaikan Batch 3, Faizah merasa bahwa YTSB adalah wadah bagi dirinya untuk self-healing. Saat ini, Faizah menjalani peran sebagai seorang Senior Trainer yang tertarik agar setiap individu dan komunitas mampu menjadi versi terbaik dari dirinya.

Mengawali karir bersama YTSB sebagai seorang relawan di Program Berbagi Kebaikan Batch 3, Azmi merasa bahwa YTSB adalah wadah bagi dirinya untuk meningkatkan sisi spiritualitas. Saat ini, Azmi  menjalani peran sebagai seorang Senior Trainer sekaligus mendalami profesi Apoteker.

Perempuan yang memiliki ketertarikan dengan dunia tulis-menulis, berhasil membawa banyak perubahan dan dampak kebaikan untuk YTSB melalui sentuhan tulisan yang hangat. Lany saat ini aktif sebagai freelancer content creator di beberapa forum publik.

Sosok pria pendidik yang tidak pernah berhenti belajar dan mengosongkan gelasnya. Deris tidak hanya berperan sebagai Junior Trainer di Yayasan Teman Saling Berbagi tapi juga aktif untuk membantu anak berkebutuhan khsusu agar mampu berkembang sesuai kebutuhannya.

Mengawali karir bersama YTSB sebagai seorang relawan di Program Berbagi Semangat Batch 4, Syams merasa bahwa YTSB adalah zona belajar. Saat ini, Syams menjalani peran sebagai seorang mahasiswa Master di Institut Teknologi Bandung yang memiliki ketertarikan di dunia lingkungan.

Perempuan yang tertarik dengan dunia pendidikan dan saat ini berprofesi sebagai seorang Guru Matematika. Menjadi Junior Trainer di sela-sela aktivitasnya tidak hanya melatih kemampuan pengembanga diri tapi juga meningkatkan jiwa mendidik dalam dirinya.

Ika memulai karir sebagai seorang relawan di Batch 1 Berbagi Kebaikan, kemudian melanjutkan sebagai Trainer hingga tahun 2021. Selama berlayar bersama YTSB, Ika banyak memberikan dampak khsusunya dalam penyebaran pesan kebaikan kepada remaja dan dewasa muda.

Perempuan yang memiliki sifat welas asih dan juga semangat berbagi memulai perjalanan bersama YTSB sebagai relawan Berbagi Semangat yang berperan mengajar Bahasa Inggris dan Kepercayaan Diri bagi anak-anak sekolah dasar. Saat ini, Habibah berprofesi sebagai Tim R&D di salah satu perusahaan di Indonesia.

Aliyya merupakan lulusan dari Teknik Material ITB yang memiliki semangat berbagi & mendidik. Memulai perjalanan bersama YTSB di tahun 2019 sebagai Mentor Berbagi Semangat adalah pengalaman berharga bagi dirinya dan YTSB. Saat ini, Aliyya sedang menjadi freelancer teacher di sebuah platform pendidikan.

Nike merupakan lulusan dari Teknik Telekomunikasi ITB yang memiliki semangat berbagi & mendidik. Memulai perjalanan bersama YTSB di tahun 2019 sebagai Mentor Berbagi Semangat adalah pengalaman berharga bagi dirinya dan YTSB. Saat ini, Nike sedang menjadi education consultant di sebuah platform pendidikan.

frasa_buku cover

Tebal: 165 hlm
Ukuran: 14 x 20 cm
Kertas: Bookpaper
Sampul: Softcover
ISBN: 978-623-97472-3-7

Harga Normal: Rp 70.000
Harga Pre Order: Rp 60.000

Pra-Pesan: 14–28 September 2021

Formulir pemesanan

WeCreativez WhatsApp Support
untuk pemesanan buku
👋 chat via WhatsApp