Ijag-Ijig Literasi: Kolaborasi FTBM Bekasi dengan Frasa Media

Alih-alih menikmati akhir pekan bersama keluarga, FTBM (Forum Taman Baca Masyarakat) Kabupaten Bekasi menggelar Ijag-ijig Literasi bersama Frasa Media, Sabtu (6/2). Dengan arahan silaturahim sekaligus menyatukan hati dalam program buku bersama, webinar tersebut mengundang saya untuk berdiskusi bersama. Meskipun peserta yang hadir tak sampai puluhan, mereka yang terdiri dari berbagai pegiat literasi taman baca di Bekasi tampak antusias dan bergairah menyelami bagaimana proses sebuah buku diterbitkan.

Berbekal pengalaman menggawangi beberapa workshop menerbitkan buku Frasa Media sebelumnya, saya lebih banyak menekankan betapa pentingnya seorang pegiat literasi berkarya. Hal ini merupakan upaya untuk mengaktualisasikan diri siapakah mereka di tengah masyarakatnya. Selain itu, sebagai garda penyelenggara aktivitas literasi masyarakat, mereka perlu menghadirkan buku bacaan yang bergizi.

Indikator buku bergizi selain menarik bagi pembaca haruslah mengandung orisinalitas. Maksudnya, tak hanya mengandung informasi dan konten yang positif, inspiratif, tapi juga merupakan hasil pemikiran sang penulisnya sendiri.

Panggih CS, menjadi narasumber pelatihan

Tak kalah penting, orisinalitas packaging berupa tata letak (layout), desain sampul patut diperhatikan. Dengan standar itulah buku yang beredar akan berintegritas, bermanfaat dan menjadi nilai ibadah bagi penulisnya.

Selebihnya proses penerbitan yang melibatkan para staf (editor, layouter, desainer) yang berkompeten akan menambah cita rasa tersendiri bagi buku berkualitas yang akan diterbitkan.

Dengan topik tersebut para peserta terpantik bertanya dan juga berbagi keresahan akan harapan mereka untuk menerbitkan buku. Webinar ini hadir untuk mengawali kerja sama antara FTBM Kab Bekasi dengan Frasa Media yang akan memulai Workshop Menerbitkan Buku pada beberapa sesi sepanjang 2021 ini. Workshop Menerbitkan Buku Frasa Media sendiri terdiri dari Pematerian, Pendampingan Menulis, hingga proses Penerbitan dan branding buku.

 

Testimoni Peserta

Terima kasih kang Panggih dari Frasa Media sudah memberikan ilmu dan motivasi untuk bersinergi menulis.
Anggraeni Puspa Sari
TBM Bundaku
Percikan ilmu yang diletupkan kang Panggih dari Frasa Media jadi serapan energi baru untuk memaksimalkan kemampuan diri dalam dunia membaca dan menulis sebagai bagian dari 6 dasar literasi.
Tedjo
TBM Tifa
Alhamdulillah, senang sekali berkesempatan mendampingi (sebagai moderator) dalam webinar ini. Dari yang telah dibahas, harapannya dapat mengaktualisasi diri dengan terlibat membuat buku bersama para pegiat literasi Kab. Bekasi lainnya.
Dwi Ara
Pojok Baca Saung Ceria

1 komentar untuk “Ijag-Ijig Literasi: Kolaborasi FTBM Bekasi dengan Frasa Media”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WeCreativez WhatsApp Support
untuk pemesanan buku
👋 chat via WhatsApp